Perbedaan Crack, Patch dan Keygen


Assalamualaikum salam sejahtera teman - teman sekarang saya akan memberi sedikit pengetahuan tentang perbedaan crack, patch ataupun keygen.

Banyak sekali website atau blog yang menyediakan software gratis termasuk disini dengan kata kunci software full version + crack + keygen + patch, wew banyak banget.

Ketiganya memang sering digunakan untuk menjadikan suatu software menjadi full version, yang tadinya hanya trial menjadi aktif selamanya, atau juga bisa membuat fitur - fitur dalam software yang seharusnya berbayar menjadi gratis, tentu saja cara tersebut sebenarnya ilegal. Saya sarankan jika punya rezeki lebih lebih baik beli software aslinya itung - itung donasi hehe...

1. Crack


Crack digunakan untuk mencari celah dari suatu software yang tadinya trial menjadi full version, dengan cara mendupliaksi software aslinya, perangkat lunak crack hasil modifikasi para "cracker" untuk digunakan sebagai pengahpus fitur suatu software, biasanya fitur yang dihilangkan adalah fitur keamanan dari software tersebut agar menjadi full version. Para pengguna yang tinggal menggunakan crack biasanya hanya tinggal copy paste saja software hasil cracknya ke software aslinya, makanya ada itilah "copy crack".


2. Patch 


Lalu Patch, seperti namanya patch adalah tempelan, patch adalah untuk memberikan kelengkapan kepada suatu software, patch ada yang legal maupun ilegal.

Patch yang legal yaitu update resmi dari developer software itu sendiri, misalkan anda bermain game dan harus di update datanya dan download di website resminya, nah itu adalah update patch yang legal, contoh lainnya game atau aplikasi android, secara berkala developer biasanya memperbarui atau meng update-nya yang mengharuskan anda mendownload lagi di playstore, itu pun termasuk patch update yang legal, tujuannya yaitu untuk memperbaiki bug atau menambahkan fitur baru pada software.

Adapun Patch yang ilegal yaitu patch yang digunakan untuk menjadikan software berbayar menjadi gratis, dengan menambahkan script atau kode - kode untuk menambahkan fitur - fitur didalam software yang kurang, dan bahkan merusak sistem keamanan software itu sendiri, dan jadilah software itu full version. Patch sebenarnya adalah perkembangan dari crack, cara pakainya kita copy file patch ke hasil instalan software lalu membuka patchnya lalu klik patch maka file hasil patch akan mereplace software trial-nya.


3.Keygen



Keygen bisa disebut juga pencari serial number atau key generator dan keymaker, seperti namanya keygen berfungsi untuk mencari serial number asli dari suatu software dengan menggunakan kode - kode tertentu dan mencari kelemahan pada software, atau para pembuat keygen biasanya membuat serial number baru dengan cara memasukan serial number secara acak. cara pakainya biasanya buka file keygen, pilih software atau product yang ingin dicari serial numbernya dan klik generate, copy paste serial number yang keluar pada software yang membutuhkan serial number.


Jadi kesimpulan singkat perbedaanya terletak dari cara kerjanya dan cara memakainya walaupun tujuannya sama untuk membuat suatu software full version. 

Crack cara kerjanya menduplikasi software asli dan mengahpus fitur keamanan suatu software, cara memakainya tinggal copy paste.

Patch, menambahkan script atau kode kepada suatu software agar fiturnya lengkap tanpa membayar kepada perusahaan software tersebut cara pemakaiannya copy paste file patch pada directory hasil install>buka file patch>klik patch.

Sedangkan Keygen untuk generate dan mencari serial number dari suatu software cara memakainya tinggal buka keygennya lalu pilih software apa yang ingin di cari serial numbernya lalu klik generate. 



Anti virus,browser, maupun sistem operasi sekarang semakin canggih, oleh karena itu biasanya ketiga cara diatas dianggap virus atau file berbahaya, yup.. memang berbahaya bagi para developer software. 

Makanya kalian jika mendownload suatu crack, patch, ataupun keygen biasanya ada peringatan dulu, lalu waktu akan install atau memasangnya pasti terdeteksi oleh anti virus sebagai virus. jadi jika kalian ingin memasanng crack,patch ataupun keygen memang caranya dengan mematikan antivirus terlebih dahulu. 

Sekian Sharing dari saya kali ini semoga bermanfaat...
Wassalamualaikum.


Komentar